Monday, August 27, 2012

Setting Jaringan & Router terbaik di Warnetku ( Part 1 )

Barangkali settingan warnet ane, ngak sebagus masta-masta yang sudah melanglang buana dan banyak makan asam garam dalam hal setting warnet...  bagi ane yang penting maknyos..... , ngak terlalu lama loading browsing dan ngak ada lag....

Sebagai gambaran, tipikal salah satu warnet ane antara lain terdiri dari 25 unit pc, dan memakai access speedy sebagai satu satunya provaider dikotaku ( kaga ada pilihan lain) dan kesemuaan PC nya enable game ( umumnya gemscool ) , sebagai owner warnet, ane merasa perlu berusaha untuk menjadikan warnet ane menjadi warnet tercepat ( usaha kan boleh :) ) ... , pernah memakai jasa setting warnet, dan ternyata menurut ane kurang memuaskan... dan butuh biaya yang ngak sedikit ( wajar sih )

keputusan terakhir adalah belajar sendiri dan mengadu ke om google ... (hehehe)

dan... ternyata ada beberapa variable yang sangat menentukan kualitas dan kecepatan access

Paket Speedy dan jaringan koaksial ( jaringan telepon).

- Paket Speedy

Ada beberapa paket speedy yang biasa dipakai untuk warnet yaitu : paket 1 Mbps , 2 Mbps dan 3 Mbps ( kata teknisi speedy dalam waktu dekat akan ada paket 6 Mbps).

Kesimpulan yang ane dapatkan dari beberapa kali pemesanan paket speedy(sempat try n' error juga)  untuk 25 pc tersebut bahwa:

Kecepatan/akses internet 1 paket 3 Mbps untuk kesekuruhan pc (25 unit pc) jauh lebih baik daripada 2 x paket 2Mbps dibagi dua pada 25 pc clien tersebut ataupun dengan melakukan loadbalancing pada keduanya.
begitu juga dengan 2 Mbps jauh lebih baik dari 2 x 1 Mbps. Nah.. karena PC Client ane berjumlah 25 unit, khusus untuk browsing download dan nonton nonton ane pesan paket 3 Mbps, dan 1 Mbps khusus game.

- Jaringan Koaksial

Jaringan koaksial ( jaringan telepon ) ini sangat berpengaruh terhadap akses internet, karena jika jaringannya kurang bagus, bisa menyebabkan koneksi putus-putus , kualitas jaringan ini bisa dilihat dari besaran SNR Margin/Line Attenuation yang terdapat pada modem ADSL
SNR Margin Line Attenuation
untuk keterangan besarannya bisa dilihat di sini  atau tanyakan pada om google :)
Akhir - akhir ini telkom sudah mencoba mengatasi masalah jaringan ini dengan menerapkan suatu teknologi baru yang bisa mengatasi masalah jaringan ini pada pelanggan speedy  kata teknisi telkomnet speedy bernama M-san ( ane juga kurang paham penulisannya .. apa ? yang jelas katanya M-san ) , dan ternyata memang jaringan ane yang sudah memakai teknologi tersebut sudah sangat sangat bagus ....


sayang ... ane belum bisa minta ditukar semua jaringan speedy ane dengan teknologi tersebut ... katanya masih terbatas .... ( Hiks.. )

dilain waktu ane akan tuliskan variabel lain yang mempengaruhi akses internet di warnet ane...

No comments:

Post a Comment

Budayakan berkomentar yang baik, no SARA no Spam link.