Tuesday, August 28, 2012

Setting Jaringan & Router terbaik di Warnetku ( Part 2 )

Variable yang kedua yang mempengaruhi akses internet (menurut ane) adalah keberadaan gateway , router plus proxy setelah pada tulisan sebelumnya , ane sudah melakukan pemilihan paket speedy dan minta perbaikan jaringan kabel koaksial oleh pihak telkom.

- Gateway & Router

Sebagai Newbi , Gateway & Router bagi ane .. ya sama saja, walaupun dalam defenisinya dan peruntukannya di dalam jaringan skala besar berbeda, perbedaannya bisa ditanyakan ma om google .. ( walah lagi lagi om google) .
Untuk perangkat ini... pilihan ane jatuh pada mikrotik, dalam hal ini ane beli 2, satu untuk koneksi speedy 3 Mbps ( khusus untuk browsing ), satu lagi untuk koneksi speedy 1 Mbps ( Khusus untuk game ).
Mikrotik Router Board 750 ( Khusus Untuk Game ) Paket Speedy 1 Mbps
Mikrotik Router Board 750 ( Khusus Untuk Game ) Paket Speedy 1 Mbps
Mikrotik PC (Khusus Untuk Browsing ) Paket Speedy 3 Mbps
Mikrotik PC (Khusus Untuk Browsing ) Paket Speedy 3 Mbps

Bagi para master jaringan, barangkali ane akan di cap mubajir, karena memakai 2 mikrotik, yah gpp deh... ane memang sedang tahap belajar, karena baru paham setting dasar mikrotik.. ane sangat berharap ada master jaringan yang mau kasih pencerahan untuk ini, soalnya sudah dicoba beberapa kali dengan 2 line speedy, 1 mikrotik , ane belum bisa memisahkan akses browsing ke speedy 1 dan game ke  speedy 2 melalui 1 mikrotik.

Kenapa ane memisah akses jaringan browsing dan game ?

Alasan Klasik ....  se rumit apapun ane setting queue di mikrotik untuk membagi bandwidth 1 paket speedy untuk browsing dan game , terkadang masih terjadi LAG pada game. dan ini sangat berpengaruh pada kepuasan user. ( ini mungkin akibat ane belum paham masalah jaringan dan setting mikrotik secara kaffah... dimohon pencerahannya mastah ....... :| ).

model jaringan ane saat ini :
Model Jaringan Warnet

Dengan model jaringan warnet ane ini, gateway pada masing masing client diarahkan pada RB 750, sedangkan konfigurasi proxy pada browser di masing masing client di arahkan pada Mikrotik PC yang telah disetting Redirect/parent Proxy ke Proxy(squid) , perlu menDrop port 80 di RB 750 agar tidak terjadi kebocoran paket browsing yang menjadi gateway seluruh client.
Setting Gateway
Setting Gateway di Client
Konfigurasi Proxy di Browser
Konfigurasi Proxy di Browser pada masing masing client

Dengan model jaringan seperti ini, warnet ane sudah bebas dari lag... jika main game dan browsing jadi mantaf :) .......... berhubang masih dalam status belajar, settingan ini mungkin dapat berubah sewaktu waktu , heheh..

untuk konfigurasi Mikrotiknya dan squidnya akan ane publikasikan di kemudian hari ..... :)





1 comment:

Budayakan berkomentar yang baik, no SARA no Spam link.